JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

10 Pertanyaan yang Harus Dijawab Dalam Memilih Franchise Kurir di Indonesia

Dengan beragamnya penawaran franchise kurir yang tersedia di Indonesia dari berbagai perusahaan kurir, memilih paket franchise yang tepat untuk Anda bisa menjadi tugas yang memakan waktu dan melelahkan jika Anda tidak tahu apa yang harus dicari. Jadi apa saja hal-hal utama yang harus diingat dalam memilih paket franchise kurir yang tepat? Lanjutkan membaca panduan Pertanyaan yang Sering Diajukan (Frequently Asked Questions/FAQ) tentang 10 Pertanyaan Utama Yang Harus Dijawab Dalam Memilih Franchise Kurir di Indonesia. JET express - CourierFranchise - Top 10 Questions ID

10 Pertanyaan Utama Yang Harus Dijawab Dalam Memilih Franchise Kurir di Indonesia

  1. Berapa total investasi yang dibutuhkan untuk membuka franchise kurir?
    Paket-paket franchise kurir memiliki biaya investasi yang berbeda-beda, namun jangan lupa bahwa akan ada biaya-biaya lain yang dibutuhkan misalnya renovasi atau dekorasi outlet. Maka Anda harus membuat perhitungan tersendiri untuk memperkirakan total pengeluaran mencakup perpajakan, sewa alat, dan kemungkinan pengurangan komisi jika Anda gagal mencapai target penjualan.

  2. Seberapa strategis letak lokasi yang Anda ajukan?
    Franchise kurir biasanya mewajibkan outlet untuk berlokasi di daerah strategis seperti jalan atau pusat komersil yang ramai untuk memaksimalkan potensi transaksi harian serta branding perusahaan kurir. Lebih lanjut, perusahaan kurir yang telah memiliki nama biasanya telah memiliki jumlah outlet yang lebih dari cukup di area-area yang ramai, sehingga meningkatkan persaingan baik antar sesama outlet, maupun dengan perusahaan kurir lain. Maka Anda harus bertanya pda diri Anda sendiri, seberapa strategiskah lokasi yang Anda ajukan terhadap kemungkinan persaingan dan bagi merek perusahaan kurir?

  3. Kapan investasi Anda bisa kembali modal?
    Setelah menghitung total biaya dan pengeluaran, Anda perlu menyusun proyeksi perkiraan penjualan dan target waktu untuk impasnya investasi Anda. Ingatlah bahwa rata-rata outlet kurir perlu menanggung pembiayaan hingga sembilan bulan pertama sebelum investasi kembali modal. Maka, Anda perlu mempersiapkan jumlah modal pasti yang dapat Anda keluarkan untuk membayar biaya-biaya operasional sebelum investasi Anda impas.

  4. Seberapa bonafid perusahaan kurir tersebut?
    Anda harus mencari informasi mengenai perusahaan kurir yang menawarkan paket franchise yang Anda pertimbangkan: siapa pendiri dan tim manajemennya, dan bagaimana pengalaman mereka dalam industri kurir dan pengiriman; bagaimana pertumbuhannya sebelum dan sesudah menawarkan franchise; serta bagaimana persepsi umum pelanggan terhadap mereknya. Tanyakan ke orang-orang di sekitar Anda, dan baca ulasan pelanggan dalam membangun gambaran umum tentang merek perusahaan itu.

  5. Seperti apakah persentase komisi yang ditawarkan?
    Tentunya Anda menginginkan persentase komisi tertinggi untuk memaksimalkan keuntungan. Namun, perusahan-perusahaan kurir di Indonesia yang menawarkan komisi tertinggi umumnya tidak dikenal banyak orang, sehingga menyulitkan Anda mendapatkan pelanggan dan penjualan. Maka, Anda perlu memilih berdasarkan keseimbangan antara persentase komisi, reputasi perusahaan kurir dan juga struktur komisi yang ada, misalnya komisi bertingkat berdasarkan jumlah penjualan.

  6. Di mana lokasi yang tersedia untuk outlet dan kenapa di sana?
    Selain lokasi utama yang Anda ajukan, Anda juga perlu memiliki alternatif lokasi lain untuk perluasan bisnis Anda ke depannya jika usaha Anda sukses. Serta, Anda perlu untuk  mengkaji keberadaan merek kurir itu di Indonesia dan meneliti jika ada wilayah penting yang belum dimasuki outlet kurir itu. Lalu perkirakan apakah persaingan di sana terlalu ketat, atau pernahkah ada outlet yang dibuka di sana lalu tutup karena kurang berhasil?

  7. Dapatkah Anda membuka usaha lain di lokasi outlet?
    Pastikan untuk mencari informasi yang jelas tentang kebijakan perusahaan kurir tentang usaha lain di lokasi outlet. Melarang dibukanya usaha lain di lokasi outlet dapat menjaga tercampurnya branding perusahaan itu dengan merek lain. Namun, jika outlet Anda diizinkan untuk menampung usaha lain, usaha itu dapat membantu dalam promosi silang dan penyediaan insentif bagi pelanggan. Contohnya, Anda bisa menghadiahkan makanan gratis dari restoran di lokasi outlet untuk pelanggan yang telah sepuluh kali mengirim paket lewat outlet Anda.

  8. Dukungan seperti apa yang disediakan oleh perusahaan kurir?
    Outlet Anda akan memerlukan dukungan yang memadai dan konsisten dari perusahaan kurir dalam pelatihan karyawan, serta penyelesaian masalah sistem dan keluhan pelanggan. Anda akan membutuhkan tim yang efisien dan sumber daya yang selalu tersedia agar mampu merespon masalah dengan cepat. Carilah kesaksian pelanggan di internet atau tanyakan langsung kepada franchisee lain untuk mencari tahu pandangan mereka tentang kualitas dukungan dari perusahaan kurir.

  9. Bagaimana kebutuhan personalia Anda?
    Anda mungkin ingin memulai usaha dalam skala kecil dengan mengerjakan sendiri operasional harian outlet, namun Anda juga harus memiliki ambisi dan bersiap untuk  kebutuhan karyawan ke depannya. Contohnya, untuk dapat melayani penjemputan paket/pick-up, yang memberikan kelebihan bagi outlet Anda terhadap para pesaing, Anda akan butuh seorang kurir penjemput sementara outlet Anda tidak ditinggalkan.

  10. Bagaimana pengalaman Anda sendiri tentang layanan si perusahaan kurir?
    Kesaksian terpenting tentang sebuah perusahaan kurir potensial adalah pengalaman Anda sendiri dalam menggunakan layanan pengirimannya. Ingatlah untuk mencoba semua jenis layanan yang mereka tawarkan, untuk mengetahui perbedaan dalam hal kecepatan dan harga di antara layanan-layanan tersebut. Hal ini juga akan membantu Anda memperkirakan bagaimana outlet kurir franchise Anda nantinya dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

 

Menanyakan 10 pertanyaan ini pada diri Anda sendiri dan perusahaan kurir franchise potensial yang Anda pertimbangkan, akan melebarkan pengetahuan Anda dan memungkinkan Anda memilih paket franchise kurir dengan keyakinan akan apa yang akan Anda dapatkan untuk usaha Anda sekarang dan di masa depan.

JET express Partnership