JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

Top 10 Tips Mendirikan Online Shop di Indonesia

Perhatikan 10 tips utama untuk mencapai kesuksesan dalam dalam Memulai Sebuah Online Shop di Indonesia.

  1. Pahami pangsa pasar Anda

    Top 10 Tips Online Shop - 1 Know Your Market
    Hal pertama, Anda harus mengenali dan memenuhi kebutuhan yang ada di tengah target pasar Anda. Lakukan penlitian pangsa pasar Anda dengan berbicara langsung pada target pelanggan dan berkaca pada para pesaing Anda; apakah yang sudah mereka lakukan itu benar atau salah? Bagaimana Anda bisa lebih baik dari mereka? Apakah perlu memilih produk, harga, dan layanan pelanggan atau suatu produk yang sama sekali baru?

  2. Tentukan apa yang akan Anda jual

    Top 10 Tips Online Shop - 2 What To Sell
    Kembangkan suatu solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan suatu produk atau gabungan beberapa produk. Apakah Anda akan membuat sendiri atau menjual produk merk lain? Juga, apakah katalog online shop Anda akan menawarkan satu atau banyak merk serta kategori produk, misalnya makanan dan produk fashion?

  3. Promosikan online shop baru Anda

    Top 10 Tips Online Shop - 3 Promote
    Sesuaikan promosi dengan anggaran Anda; mem-posting di media sosial serta aplikasi pesan untuk membangun word of mouth di antara teman dan followers bisa Anda lakukan sebagai permulaan. Mintalah testimoni dari pelanggan yang puas dengan produk dan layanan Anda. Juga, mulailah menawarkan promosi sederhana seperti diskon atau barang gratis. Setelah Anda mendirikan basis ini, Anda bisa mempertimbangkan cara-cara lain untuk meningkatkan visibilitas seperti membuat konten marketing di blog atau iklan pay per click (PPC) guna mempromosikan produk-produk tertentu.

  4. Antisipasi layanan purna jual (after-sales)

    Top 10 Tips Online Shop - 4 After Sales
    Pilihlah pemasok yang memiliki reputasi baik dan layanan pelanggan yang cakap serta meiliki perwakilan lokal. Jangan lupa menentukan prosedur layanan purna jual (after-sales) Anda; bersiaplah menerima keluhan pelanggan atau pengembalian barang dan buatlah prosesnya selancar mungkin. Ingat, pelanggan yang puas dan gembira akan kembali sebagai pembeli tetap pada online shop Anda.

  5. Persediaan: menyimpan stok atau tidak?

    Top 10 Tips Online Shop - 5 Inventory.jpg
    Hal berikut yang perlu diperhatikan ialah persediaan, termasuk volume stok barang yang dibutuhkan, berapa lama waktu tersisa hingga stok Anda kedaluwarsa atau menjadi usang, dan juga pemilihan pemasok. Bahkan jika Anda menjual jasa, stok perbekalan Anda tetap penting untuk direncanakan dan dicatat perkembangannya.

  6. Opsi pembayaran yang mudah digunakan dan hemat biaya

    Top 10 Tips Online Shop - 6 Payment
    Transfer bank dan cash on delivery (COD) akan menjadi opsi pembayaran paling mudah bagi sebagian besar pelanggan online shop di Indonesia. Siapkan rekening dari setidaknya tiga bank utama di Indonesia karena pelanggan akan mencari bank yang sama untuk mentransfer pembayarannya. Dengan bertumbuhnya online shop Anda, pertimbangkan juga untuk mengintegrasikan cara pembayaran digital seperti Doku atau FinPay sambil memantau biaya per transaksi bagi keuntungan Anda.

  7. Gambar yang menarik perhatian

    Top 10 Tips Online Shop - 7 Photography
    Pilih gambar-gambar terbaik dari pembuat produk. Jika Anda membuat produk sendiri; jangan ragu untuk mengambil foto produk sendiri, dengan tetap memperhatikan sudut dan pencahayaan demi hasil visual optimal. Menyewa fotografer freelance bisa memberi Anda foto produk yang profesional, khususnya jika Anda kurang percaya diri dengan kemampuan Anda dalam mengambil gambar. Juga perkaya isi konten dengan beberapa video yang menunjukkan cara penggunaan produk Anda untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pelanggan.

  8. Diferensiasi diri Anda untuk menangkap perhatian pelanggan

    Top 10 Tips Online Shop - 8 Differentiate
    Lakukan hal ini dengan cara yang unik atau menawarkan hal yang baru melalui online shop Anda. Bahkan jika Anda menjual produk yang sama sekali baru, hal itu bisa dengan cepat dilupakan jika produk Anda tidak ada bedanya dengan yang lain. Pertimbangakan menggunakan pembedaan atribut identitas yang jelas dari online shop Anda, misalnya skema warna, gaya font dan logo.

  9. Pilih platform online yang cocok

    Top 10 Tips Online Shop - 9 Platforms
    Untuk permulaan, mendirikan halaman di media sosial seperti Facebook atau Instagram, dan akun penjual di platform e-commerce seperti Tokopedia atau Bukapalak akan mencukupi. Seiring pertumbuhan online shop Anda, pertimbangkan juga wacana transisi ke website meskipun sesederhana, seperti blog dengan plugin kereta belanja misalnya, untuk kebebasan lebih dalam hal kustomisasi dan pelibatan pelanggan.

  10. Memilih penyedia layanan kurir dan pengiriman yang tepat

    Top 10 Tips Online Shop - 10 Courier JET express
    Jasa layanan kurir dan pengiriman barang akan menjadi bagian dari layanan online shop Anda yang akan langsung berhadapan dengan konsumen, serta akan menentukan sebagian besar pengalaman konsumen Anda. Maka, penting untuk memilih perusahaan kurir yang handal dan mampu melaksanakan pengiriman yang cepat dan akurat. JET express adalah perusahaan kurir yang tepat, dengan komitmen untuk memberikan kehandalan penuh melalui penerapan teknologi terkini, seperti aplikasi mobile dan sistem tracking paket berbasis cloud. Lebih jauh, JET express dapat mendukung Anda dalam memfasilitasi pengembalian barang, mendukung pembayaran cash on delivery (COD), mengirimkan secara dropship, dan menawarkan integrasi API dari dashboard tracking JET express langsung dalam online shop Anda.

Jika Anda bermaksud mendirikan online shop Anda sendiri, pastikan Anda telah mempertimbangkan dan mempersiapkan 10 tips utama di atas. Lebih lanjut, memilih perusahaan jasa kurir dan pengiriman yang tepat adalah salah satu elemen kesuksesan terpenting, karena interaksi pelanggan dengan kurir saat pengiriman produk akan menjadi tahap penentu akan citra online shop Anda, dan menentukan apakah mereka akan menjadi pelanggan yang puas, loyal dan mengulangi pembelian.

JET express Kontak

JET express Unduh App AndroidJET express Unduh App iOS