JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

5 Ide Terbaik untuk Menghasilkan Pendapatan Tambahan di Indonesia

Mencapai tahap keamanan finansial adalah proses rumit yang membutuhkan waktu, usaha, dan pengorbanan. Memperoleh pendapatan tambahan atau menciptakan beberapa aliran pendapatan dapat menjadi pendorong utama Anda untuk mencapai beragam target finansial dengan lebih cepat, misalnya untuk pensiun, pendidikan, atau keamanan finansial jangka panjang.

Jadi, bagaimana cara Anda menciptakan aliran pendapatan alternatif? Lanjutkan membaca 5 tips terbaik kami mengenai cara menghasilkan lebih banyak uang saat ini.

  1. Membuka Franchise Kurir

Membuka franchise atau waralaba kurir Anda sendiri merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan uang di Indonesia. Sering kali membutuhkan investasi awal yang kecil, industri kurir dan pengiriman di Indonesia telah mencatatkan pertumbuhan dua digit dengan stabil selama beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan ini sering dikaitkan dengan peningkatan sektor e-commerce.

Pilihlah penyedia waralaba kurir yang sudah terkemuka karena banyak orang ingin menggunakan jasa brand yang tepercaya. Memulai franchise – kebalikan dari mendirikan perusahaan independen – akan memberikan bisnis Anda “keakraban” yang dicari oleh pelanggan.

Selain biaya investasi awal, renovasi outlet, pajak, perlengkapan, komisi, dan biaya sewa adalah beberapa aspek yang harus Anda perhatikan.

Jika bisnis Anda tidak berada di lokasi yang akan menarik pelanggan, bisnis itu tidak akan berhasil. Sering kali, penyedia waralaba berhak untuk menyetujui atau menolak bakal lokasi outlet Anda. Jadi, pilihlah lokasi yang memiliki akses mudah, terutama untuk sepeda motor, mobil, dan transportasi umum.

Jika Anda berhasil, bisnis kurir dapat ditingkatkan dengan mudah, sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis ke wilayah lain. Dengan semakin banyaknya SME di Indonesia yang terus memasuki platform online, memulai franchise kurir adalah peluang bisnis ideal untuk membantu Anda memperoleh pendapatan tambahan. 

  1. Memulai Toko Online

Internet telah merevolusi semua hal yang kita lakukan, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk memperoleh pendapatan tambahan di Indonesia. Sebagai salah satu industri dengan perkembangan tercepat di salah satu pasar yang berkembang paling cepat di dunia, bisnis online Anda memiliki peluang booming karena jumlah pengguna internet di Indonesia terus bertambah.

Mulailah dengan mengidentifikasi pasar Anda dan bagaimana Anda dapat memenuhi tuntutan produk atau layanan yang ada. Awalnya, Anda dapat mempromosikan toko online Anda melalui platform media sosial sekaligus memperkenalkan toko di situs-situs e-commerce populer, seperti Tokopedia atau Bukalapak. Seiring bisnis Anda bertumbuh, Anda dapat berpindah ke situs web sendiri dan meningkatkan visibilitas melalui iklan PPC atau blog.

Pastikan Anda bekerja sama dengan mitra kurir tepercaya karena mereka akan menjadi bagian penting dari pengalaman pelanggan Anda. Pilihlah perusahaan kurir yang sepenuhnya andal, misalnya dengan memanfaatkan teknologi pelacakan dan keamanan terbaru.

Ingatlah untuk menentukan apakah Anda ingin menyimpan stok produk atau memanfaatkan layanan dropship yang disediakan oleh mitra kurir. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan pilihan pembayaran yang mudah seperti online banking.

Bisnis online memiliki keuntungan dari segi waktu karena dapat dilakukan kapan pun dalam setahun dan membantu Anda meningkatkan penjualan dengan biaya minimal, sehingga menambah pendapatan tambahan Anda. 

  1. Tempat Penyimpanan/Gudang

Fasilitas gudang dan tempat penyimpanan secara tradisional selalu menjadi bagian dari rantai pasokan bisnis-bisnis di Indonesia. Pandangan terhadap industri ini tidak terlalu baik dengan beberapa sektor utama seperti e-commerce dan FMCG berkembang dengan sangat cepat di Indonesia. Artinya, terdapat peningkatan tuntutan akan fasilitas gudang sekaligus memunculkan peluang untuk Anda memperoleh pendapatan tambahan yang menguntungkan.

Banyak bisnis kecil di Indonesia tidak memiliki tempat yang memadai untuk menyimpan produk-produk mereka. Jadi, inilah peluang Anda untuk membeli atau menyewakan tanah dan membangun gudang Anda sendiri atau alternatifnya, menyewakan atau membeli gudang yang sudah dibangun sebelumnya.

Pahami pasar niche yang berpotensi untuk bisnis gudang Anda agar Anda dapat menentukan jenis fasilitas penyimpanan yang dapat disediakan untuk pelanggan. Misalnya, bekerja sama dengan perusahaan FMCG, retailer pakaian, atau farmasi membutuhkan lingkungan penyimpanan yang berbeda.

Selain menawarkan pilihan tempat penyimpanan, Anda juga dapat menawarkan layanan pengiriman, pengemasan, dan distribusi, sehingga menjadi penyedia solusi lengkap untuk pelanggan Anda.

Dengan pertumbuhan signifikan yang diharapkan dari sektor-sektor utama ekonomi, Indonesia sedang dalam proses menjadi pusat logistik untuk wilayah sekitarnya. Jadi, inilah waktu yang tepat untuk memasuki pasar pengadaan gudang dan mulai menghasilkan pendapatan tambahan. 

  1. Menjadi Distributor

Menjadi distributor menempatkan bisnis Anda di antara produsen dan pengguna akhir. Memindahkan produk dari produsen ke pasar mungkin adalah bisnis yang tepat untuk Anda mulai menghasilkan pendapatan tambahan. Pasar distribusi wholesale membutuhkan talenta untuk bernegosiasi dan mata yang jeli untuk menemukan item ‘hot’ selanjutnya di pasar.

Sebagai ‘perantara’, Anda adalah mitra bisnis yang berharga bagi produsen yang ingin mengetahui pendapat konsumen, dan bagi retailer yang menginginkan informasi mengenai produk-produk terbaru. Jadi, lakukan penelitian pasar untuk mengetahui produk-produk yang kurang terlayani di wilayah Anda dan kebutuhan calon pelanggan Anda.

Setelah menentukan pelanggan Anda, bekerja samalah dengan para produsen yang terbukti menguntungkan, tahan banting, dan memiliki reputasi baik, sehingga mereka dapat memberikan dukungan, pelatihan, dan jaringan yang tepat agar bisnis Anda berhasil.

Sebagai distributor, reputasi Anda bergantung pada kemampuan Anda untuk mengirimkan produk ke jaringan retail. Jadi, cobalah untuk bekerja sama dengan perusahaan kurir dan pengiriman tepercaya yang menyadari banyaknya tantangan dalam mengirimkan produk di Indonesia. Alternatif lainnya adalah membentuk layanan dropship bersama kurir.

Dengan perencanaan yang matang dan kebijakan operasional yang aman, para produsen akan memercayai bisnis Anda dan mengetahui bahwa produk mereka akan mencapai pelanggan dengan aman. 

  1. Agen Asuransi

Dengan pertumbuhan premi yang kuat selama beberapa tahun terakhir dan tingkat penetrasi yang rendah, sektor asuransi Indonesia memiliki dasar perkembangan yang sangat cepat. Bekerja sebagai agen asuransi dapat memberikan Anda pendapatan tambahan yang lebih besar sekaligus peluang untuk memilih lingkungan kerja Anda sendiri.

Melalui jenis kerja ini, Anda dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda — baik bekerja untuk agen asuransi maupun menjadi agen sendiri — dan produk-produk yang ingin dijual: asuransi jiwa, kesehatan, otomotif, rumah, dan lainnya.

Karena produk-produk asuransi menjadi semakin kompleks, peran seorang agen penjualan telah berubah dan tidak lagi hanya memberikan informasi. Peran mereka adalah proaktif dalam memberikan informasi dan membantu pelanggan menyaring informasi untuk mengetahui kebutuhan mereka dan memberikan solusi.

Mengingat pertumbuhan PDB dan kelas menengah yang berkembang di Indonesia, kesadaran akan produk asuransi semakin meningkat. Pelajari segmen-segmen berkembang seperti produk-produk asuransi Syariah untuk memperluas pengetahuan Anda agar sukses secara efektif dalam industri ini.

Ide Terbaik untuk Menghasilkan Pendapatan Kedua di Indonesia

Memahami 5 tips terbaik ini akan membantu Anda mengembangkan peluang untuk memperoleh pendapatan tambahan di Indonesia. Baik berusaha untuk memulai bisnis sendiri maupun bekerja untuk atasan, lakukan langkah-langkah ini agar Anda menjadi mandiri secara finansial.

Ide Terbaik untuk Menghasilkan Pendapatan Kedua di Indonesia