JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

7 Tips Terbaik untuk Toko E-commerce Anda di Indonesia pada Tahun 2019

Sekarang adalah waktu terbaik untuk menjalankan bisnis e-commerce online di Indonesia. Volume penjualan e-commerce di Indonesia jauh melebihi negara-negara sekitar dengan Nilai Perdagangan Bruto (GMV) e-commerce mencapai $12,2 miliar USD pada tahun 2018 dibandingkan dengan $3 miliar di Thailand dan $2 miliar di Malaysia (laporan Temasek 2018 e-Conomy SEA).

Jika itu kurang meyakinkan, ini akan membuat Anda yakin. Pada tahun 2017, jumlah penduduk Indonesia yang membeli produk dan layanan online dalam sebulan mencapai 41% – meningkat 15% dibandingkan dengan tahun 2016. Jadi, konsumen Indonesia menjadi lebih tergantung pada pembelian dan layanan online sebagai bagian dari hidup dan kebiasaan mereka sehari-hari. Dengan pergeseran menuju pembelian online ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengharapkan pasar e-commerce Indonesia bertumbuh hingga US$130 miliar pada tahun 2020, dengan tingkat pertumbuhan tahunan 50%.

Seiring kita memasuki tahun 2019 dan terus mengikuti gelombang era keemasan dari e-commerce Indonesia, kita sebaiknya mengetahui beberapa tips dan tren terbaik untuk online shop Anda untuk memanfaatkan secara maksimal pasar e-commerce Indonesia yang berkembang.

Tips 1: Cegah Pengembalian Barang Dengan Video Online

Pengembalian barang tidak dapat dihindari, tapi sering kali membuat frustrasi dalam bisnis e-commerce Anda. Namun, pelanggan sering kali merasa perlu mengembalikan barang karena mereka tidak tahu cara kerjanya dan tidak ingin membaca manual instruksi yang panjang. Cara cepat dan mudah untuk mengatasi masalah ini sekaligus mendorong pelanggan untuk kembali ke situs web toko online Anda adalah dengan memberikan video online singkat yang menjelaskan cara mengatur dan menggunakan produk.

Anda bisa membuatnya kreatif, mulai dari instruksi dasar pengaturan gadget hingga cara memasangkan aksesori fashion dengan pakaian yang berbeda. Anda bisa memilih dari banyak pembuat video online untuk membuat tutorial mudah tentang produk online shop Anda, sehingga bisa membuat perbedaan untuk pelanggan puas dan produk yang dikembalikan.

Tips 2: Buatlah Biaya Pengiriman Anda Kompetitif

Dalam sektor e-commerce Indonesia yang sangat kompetitif, kebijakan pengiriman dan kurir Anda bisa menentukan apakah pelanggan akan memilih untuk memesan dari Anda atau kompetitor. Artinya, Anda sebaiknya memilih penyedia layanan kurir dan pengiriman yang bisa menawarkan tarif paket murah dan kompetitif untuk pelanggan. Tapi, keandalan tetap menjadi yang utama bagi tingkat kepuasan pelanggan. Jadi, pastikan Anda memilih penyedia layanan kurir yang menawarkan tarif pengiriman murah dengan pelacakan real-time dan layanan pelanggan yang sudah terbukti.

Tips 3: Ciptakan Pengalaman Pengguna yang Personal

Area e-commerce yang sedang berkembang luas secara global adalah situs web belanja personal, seperti personal shopper yang memilihkan pakaian dan aksesori untuk Anda berdasarkan preferensi gaya Anda. Pendekatan ini bisa disesuaikan dengan toko online Anda, apa pun kategori produk yang Anda jual, dengan meminta pelanggan mengisi kuesioner singkat tentang area minat mereka. Lalu, sarankan produk berdasarkan preferensi mereka.

Para pembeli online di Indonesia, sama seperti online shopper di seluruh dunia, tidak suka menerima saran produk yang tidak sesuai dengan mereka. Jadi, untuk menciptakan pengalaman personal yang sesuai dengan area minat mereka, pastikan Anda memasang mesin rekomendasi terpercaya di situs web online shop Anda, yang hanya menawarkan rekomendasi berguna.

Tips 4: Dapatkan Review dan Foto Nyata yang Terverifikasi

Mendorong pelanggan Anda untuk meninggalkan review saat mereka puas mungkin adalah suatu tantangan, sementara review negatif tidak butuh usaha apa pun! Baik positif maupun negatif, review nyata dan terverifikasi dari produk Anda sangat penting untuk membangun kepercayaan calon pelanggan. Bahkan, review negatif bisa berubah menjadi peluang ketika memberikan peluang untuk Anda menyelesaikan masalah tertentu dengan produk itu atau menyelesaikan kesalahpahaman tentang cara penggunaannya.

Untuk mendorong pelanggan meninggalkan review, gunakan perangkat lunak email otomatis untuk mengingatkan pengguna agar meninggalkan review setelah menerima pesanan. Foto yang menampilkan produk yang digunakan pelanggan juga merupakan sarana bagus untuk berbagi di media sosial. Jadi, pastikan Anda memberikan hashtag yang bisa digunakan pelanggan saat memamerkan produk mereka di media sosial.

Tips 5: Model Langganan Online

Tren e-commerce besar lainnya pada tahun 2019 adalah model paket langganan online. Dengan kemunculan situs-situs web seperti Netflix di Indonesia, pelanggan Indonesia menjadi lebih terbiasa dengan metode pembayaran ini. Model langganan meliputi membuat paket bulanan yang menggabungkan beberapa produk dan bisa disesuaikan dengan preferensi pelanggan, atau promosi tertentu yang memberikan pelanggan Anda kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru. Model langganan ini terbukti populer di seluruh dunia, terutama untuk area-area seperti kosmetik, camilan, dan minuman seperti teh dan kopi, sekaligus buku dan aksesori fashion.

Anda bisa meminta pelanggan mendaftar paket bulanan yang menawarkan berbagai macam produk agar mereka bisa mencoba sesuatu yang baru. Untuk mengajak mereka mendaftar, tawarkan bulan pertama secara gratis atau ongkir gratis. Tapi, pastikan Anda sudah menetapkan kebijakan pengembalian yang sesuai dan sistem pengembalian produk yang mudah melalui mitra pengiriman kurir Anda.

Tips 6: Tawarkan Pengiriman di Hari yang Sama

Pelanggan e-commerce Indonesia beralih ke produk dan layanan online demi kemudahan mereka. Jadi, toko online Anda harus mampu memberikannya, dari proses pemesanan hingga pengiriman. Sama seperti pengalaman belanja di mal, pelanggan Indonesia menginginkan kepuasan langsung saat membeli secara online. Jadi, pastikan Anda menawarkan same day delivery untuk sebanyak-banyaknya produk untuk membedakan Anda dari kompetitor dan memberikan kepuasan langsung pada pembeli.

Tips 7: Berpikir Mobile

Indonesia telah digadang-gadang sebagai negara paling mobile di Asia karena terkenal dengan penetrasi internet seluler dan konsumennya yang tech savvy. Pada Q2 2017, Indonesia memiliki jumlah pengguna terbesar yang mengunjungi situs-situs e-commerce melalui ponsel di Asia Tenggara, yaitu 87%. Artinya, toko online Anda tidak hanya harus responsif untuk berbagai jenis perangkat seperti ponsel dan smartphone, tapi juga harus mampu memberikan pengalaman seluler yang optimal.

Bukalah situs web Anda di ponsel dan lihatlah seberapa mudah Anda dapat menggunakannya dan apa yang bisa ditingkatkan dari pengalaman membeli melalui ponsel. Buatlah grafis dan navigasi yang sederhana agar waktu memuat lebih cepat. Gunakan layout yang mudah digunakan dengan fitur pencarian yang mudah dan kategori produk yang jelas agar pelanggan Anda dapat menjelajah dengan mudah. Buatlah proses pembelian dan pemesanan mudah melalui beragam pilihan pembayaran, tanpa persyaratan masuk atau membuat akun untuk pelanggan baru. Berpikirlah seperti pelanggan dan think mobile!

Jadi, 2019 akan menjadi waktu yang menarik untuk industri e-commerce di Indonesia. JET express menawarkan beragam pilihan pengiriman, termasuk same day delivery dan tarif pengiriman yang kompetitif di seluruh Indonesia untuk membantu toko online Anda meraih kesuksesan.

JET express Kontak