JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

Cara Bersaing dengan Raksasa E-commerce di Indonesia sebagai Toko Online

Memulai online shop di Indonesia adalah cara yang bagus untuk memperoleh penghasilan tambahan atau pekerjaan full-time. Mudah sekali untuk memulainya. Anda bisa mulai menjual produk di Facebook, Instagram, WhatsApp, dan platform media sosial lainnya, sekaligus marketplace e-commerce dan situs web Anda sendiri. Namun, seiring sektor e-commerce di Indonesia menjadi makin kompetitif, toko online Anda harus bisa bersaing dengan toko online lain serta raksasa e-commerce lain yang terus berkembang di Indonesia. Jadi, bagaimana caranya bersaing? Singkatnya, daripada ‘melawan’ mereka langsung, Anda harus mencari cara untuk berdampingan dengan mereka. Anda juga harus mengetahui segmen pasar Anda dengan menawarkan pada pelanggan layanan personal yang tidak ditawarkan oleh toko lain.

Kecepatan Pengiriman

Konsumen online di Indonesia kini mengharapkan paketnya tiba dengan cepat. Di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, ini berarti paket diterima di hari yang sama. Jadi, pastikan Anda menawarkan pilihan pengiriman ini untuk menyaingi kemampuan toko-toko online besar. Pelanggan yang lebih hemat berharap bisa memilih dari beberapa layanan kurir berdasarkan kecepatan pengiriman dan jangkauan harga yang diinginkan. Artinya, online store Anda harus menawarkan pilihan kurir dan jasa pengiriman yang diinginkan pelanggan, dengan memilih mitra kurir yang menawarkan beragam jenis layanan, memiliki reputasi yang sudah terbukti andal, serta menyediakan pelacakan real-time untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan.

Harga & Posisi

Saat membahas harga produk, Anda akan sangat sulit menurunkannya di bawah harga yang ditawarkan pemain besar. Mereka bisa memesan sekaligus dalam jumlah besar dan mengurangi biaya di seluruh rantai pasokan. Jadi, kemungkinan besar Anda akan kalah jika berusaha menyaingi harga. Pikirkan tentang posisi produk dan calon pelanggan Anda. Jika Anda menjual produk murah atau produk yang bergerak dengan cepat, Anda sebaiknya menarget pelanggan yang mencari penawaran bagus. Cobalah membuat paket produk atau tawarkan diskon untuk produk-produk di kategori yang sama untuk menarik pelanggan semacam ini. Sebaliknya, saat membeli produk mewah, pelanggan online di Indonesia mengharapkan pengalaman membeli yang sesuai dengan harganya. Artinya, Anda harus menciptakan brand dan memberikan pengalaman online yang dipersonalisasi melalui situs web atau toko online Anda, hingga mereka menerima produk dengan kemasan mewah dan menarik melalui jasa pengiriman prioritas.

Kualitas Layanan Pelanggan

Pelanggan Indonesia bisa memilih dari banyak penjual online. Penelitian menunjukkan bahwa alasan terbesar pelanggan online berhenti belanja di suatu toko adalah karena mereka merasa tidak dipedulikan. Ini adalah kabar baik untuk para pemilik toko online independen karena toko-toko kecil bisa memberikan layanan pelanggan yang baik dan memperlakukan setiap pembeli dengan baik. Layanan ini bisa meliputi banyak hal, tapi kecepatan dalam menanggapi adalah aspek nomor 1. Sediakan fitur chat online yang bisa menanggapi pelanggan dengan cepat dan menawarkan respons template untuk pertanyaan-pertanyaan umum. Anda juga bisa memberikan nomor WhatsApp yang bisa langsung dihubungi oleh pelanggan agar mereka merasa berinteraksi dengan seseorang, bukan sistem komputer.

Pertimbangkan Hal-Hal Kecil

Menonjol di antara kompetitor dan menarik pelanggan ke online shop Anda berarti mempertimbangkan hal-hal kecil yang membuat pengalaman belanja online pelanggan mengesankan dan terasa personal. Ini meliputi pemberian produk gratis, kode diskon, atau sampel produk untuk setiap pembelian, bergantung pada basis pelanggan Anda. Agar lebih personal, gunakan software pelacakan penjualan online yang menyimpan riwayat pembelian setiap pelanggan. Lalu, coba berikan produk gratis atau tawarkan diskon berdasarkan pembelian spesifik atau riwayat penjelajahan mereka di toko online Anda.

Lakukan Tanggung Jawab Sosial

Ruang e-commerce di Indonesia memiliki banyak raksasa yang mapan dan didukung oleh brand-brand retail besar dan perusahaan-perusahaan internasional sehingga mereka punya anggaran iklan dan pemasaran yang besar. Jadi, Anda harus memikirkan cara untuk membuat toko online Anda berbeda. Salah satunya adalah dengan melakukan tanggung jawab sosial dan mengajak pelanggan online Anda berpartisipasi. Misalnya, berikan pilihan donasi kecil untuk badan amal, kegiatan amal di lingkungan sekitar, atau bantuan bencana setiap kali pelanggan melakukan pembelian atau pada waktu-waktu tertentu, seperti sebelum atau selama Ramadan. Anda juga bisa mencoba bekerja sama hanya dengan penyedia yang melakukan tanggung jawab sosial. Atau, hanya jual produk-produk buatan lokal untuk mendukung ekonomi Indonesia. Semua pilihan ini membedakan online shop Anda dari pemain e-commerce lainnya, sekaligus membuat pelanggan merasa senang membeli dari Anda.

JET Express mengerti bahwa sektor e-commerce di Indonesia sangat kompetitif. Jadi, kami menawarkan beragam pilihan dan fitur layanan pengiriman paket yang akan membuat online store Anda menonjol. Ini meliputi pelacakan real-time, pilihan pengiriman di hari yang sama (same day delivery), dan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Cobalah jasa pengiriman dan kurir kami. Kami jamin Anda dan pelanggan online Anda akan melihat bedanya.

JET express Keagenan