JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

Cara Membuat Konten Video untuk Online Shop Anda di Indonesia

Online shopper di Indonesia merupakan lahan bisnis yang besar. Mereka biasanya masih muda (15-35 tahun), mengakses toko online Anda dari smartphone, dan sering melakukan pembelian online (59% membeli produk online setiap minggu). Google telah melakukan penelitian tentang konsumen online di Indonesia dan menemukan bahwa keputusan membeli mereka bergantung pada beragam ‘momen mikro’ yang memengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan sebuah brand, dan bahwa pemasaran video memiliki peran yang menentukan dalam tahap-tahap penting ini.

Video online memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku belanja pelanggan Indonesia, terutama dalam momen ‘aku-ingin-tahu’ atau ‘aku-ingin-melakukannya’. Penelitian menunjukkan bahwa 45% dari pengguna smartphone di Indonesia menemukan brand-brand baru melalui video online, dan 79% dari mereka berkata bahwa mereka akan membeli dari perusahaan yang memberikan video instruksi. Jadi, bagaimana Anda dapat membuat konten video dan video tutorial guna memperoleh lebih banyak pelanggan untuk online shop Anda?

1. Buatlah Konten yang Relevan untuk Target Pelanggan Anda

Jika Anda ingin menginvestasikan waktu untuk membuat konten video untuk toko online Anda di Indonesia, Anda harus mengetahui minat target pelanggan dan membuat konten seputar minat mereka yang berkaitan dengan produk Anda. Pikirkan target pelanggan Anda – siapa mereka? Konten video seperti apakah yang akan menarik perhatian mereka? Apakah video Anda harus informatif dan serius, atau penuh canda dan lucu? Inilah beberapa contoh format yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Video Tutorial – cara menggunakan produk tertentu
  • Video Review Produk – review sungguhan tentang produk di toko online Anda
  • Video Wawancara – wawancara dengan diri sendiri mengenai motivasi Anda mendirikan online shop
  • Testimoni Pelanggan – review pelanggan sungguhan tentang online store Anda
  • Video Animasi – video animasi akan sangat berguna untuk menjelaskan informasi yang kompleks, seperti cara mengaktifkan barang-barang elektronik
  • Video di Balik Layar – ajaklah calon pelanggan menyaksikan apa yang terjadi di balik layar bisnis Anda atau salah satu penyedia Anda

Ingat, lebih dari 80% pengguna smartphone berkata bahwa mereka cenderung membeli dari brand yang membantu mereka menemukan jawaban dengan mudah. Pikirkan jenis-jenis pertanyaan yang mungkin ditanyakan pelanggan Anda dan buatlah video yang menjawab kebutuhan itu.

2. Atur Adegan

Konten video atau video tutorial Anda harus terlihat bagus dan profesional. Jika tidak, calon pelanggan Anda mungkin tidak akan tertarik menontonnya, atau video itu malah bisa menjatuhkan reputasi brand Anda hingga tidak bisa dipulihkan. Pastikan Anda mengikuti daftar ini saat mengambil konten video:

- Tulislah naskah – Ketahui apa yang ingin Anda katakan dan sertakan dalam video, lalu tulislah naskahnya dan revisi.
- Buatlah storyboard – Storyboard membantu Anda menyusun adegan-adegan dalam video, mengatur semuanya dengan baik sebelum proses pengeditan, dan membantu Anda mengetahui adegan apa yang hilang.
- Pastikan Anda memiliki:
• Pencahayaan yang baik
• Kamera yang berkualitas baik dan tripod
• Mikrofon untuk mengambil suara
- Pilihlah lokasi pengambilan video Anda – Pastikan Anda memiliki akses eksklusif ke semua lokasi yang dibutuhkan dan melakukan uji coba video untuk memastikan latar belakangnya tampak bagus di kamera.

3. Pilihlah software yang tepat

Untungnya untuk semua sutradara baru, internet kini menawarkan berbagai solusi software pembuatan dan pengeditan video untuk konten video atau video tutorial Anda. Bergantung pada anggaran dan tingkat pengetahuan teknis Anda, Anda dapat membeli beberapa software terbaik, seperti Adobe Premiere atau Final Cut Pro. Anda juga dapat menggunakan berbagai pilihan software gratis yang lebih hemat biaya. Adobe Spark dan Clipchamp adalah dua contoh software gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat video kustom dengan mudah.

Gunakan software pengedit video untuk membuat pembuka video dan transisi yang lancar antar-adegan, sekaligus menyesuaikan volume, durasi video, dsb.

4. Publikasikan di tempat yang tepat dan akan dilihat calon pelanggan

Setelah membuat video yang terlihat profesional untuk dipromosikan ke basis calon pelanggan online shop Anda, langkah terakhir adalah memastikan video Anda dilihat oleh calon pelanggan. YouTube, Instagram, dan Facebook adalah beberapa media terpopuler untuk melihat video karya orang Indonesia. Sebanyak 92% pengguna smartphone di Indonesia menonton YouTube sekali seminggu berdasarkan penelitian Google.

Buatlah kanal YouTube untuk toko online Anda. Pastikan video Anda menggunakan judul, kata kunci, dan tag yang mudah dicari, dengan deskripsi video yang detail dan kategori subjek yang relevan. Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan iklan Google untuk mempromosikan kanal YouTube Anda, atau iklan Facebook agar konten video Anda tampil di timeline calon pelanggan. Gunakan fitur-fitur penargetan untuk menentukan pelanggan Anda dengan tepat, berdasarkan rentang usia, perilaku, dan lokasi.

Setelah pelanggan berdatangan berkat konten video online Anda yang menarik, JET Express siap memberikan layanan kurir dan jasa pengiriman yang hemat biaya dan andal ke seluruh Indonesia. Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan online shop Anda dengan API kami untuk meminta pengambilan paket dan menyediakan pelacakan online untuk pelanggan Anda.

JET express Kontak