JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

Go Global: Cara Mendapatkan Pelanggan Internasional untuk Online Shop Anda di Indonesia

Pasar e-commerce Indonesia menawarkan potensi yang sangat besar dengan 31,65 juta pengguna e-commerce hingga saat ini, dan 22,24 juta pengguna lainnya diharapkan akan berbelanja online pada tahun 2022. Namun, bukan berarti Anda harus membatasi online shop dan bisnis e-commerce di Indonesia saja. Dunia itu luas dan penuh dengan pelanggan yang menantikan produk-produk Anda.

E-commerce lintas batas sudah mulai populer, dan pada bulan November 2018, menteri-menteri ekonomi ASEAN berkumpul untuk menandatangani ‘ASEAN Agreement on E-commerce’ untuk memfasilitasi transaksi e-commerce regional. E-commerce di ASEAN diharapkan untuk berkembang dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk 14% selama lima tahun mendatang, tingkat pertumbuhan yang hanya tersaingi oleh India. Sebaliknya, Cina, pasar e-commerce terbesar di dunia, diprediksi hanya akan bertumbuh sebesar 4%.

Jadi, bagaimana cara Anda memanfaatkan pertumbuhan ini dan mendapatkan pelanggan internasional untuk toko online Anda di Indonesia?

1. Lakukan Penelitian

Pertama, Anda harus melakukan penelitian tentang target pasar dan menentukan di mana produk-produk Anda bisa bersaing dalam hal permintaan. Tapi, pastikan Anda mempertimbangkan biaya pengiriman dari Indonesia. Cari tahu pasar mana yang merupakan pembeli terbesar dari kategori produk Anda, dan ingatlah bahwa negara-negara kecil lebih mungkin memesan produk dari luar negeri. Lihatlah produk-produk best-selling dalam kategori produk Anda untuk target pasar dan cari tahu di mana Anda bisa membangun niche. Jangan lupa mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan rintangan untuk barang masuk, seperti peraturan bea cukai, persyaratan standar nasional, dsb.

2. Tentukan Pilihan Pengiriman Internasional

Bagian penting dari mendapatkan pelanggan internasional untuk online store Anda adalah menawarkan pilihan pengiriman internasional yang terpercaya dengan biaya terjangkau. Sebelum menjual ke pelanggan internasional, hubungi penyedia jasa kurir dan pengiriman Anda, lalu pahami kebijakan pengiriman internasional mereka dan tarif pengiriman dari Indonesia. Hitunglah biaya pengiriman produk Anda untuk beragam target pasar untuk menentukan harga produk, lalu tampilkan dengan jelas pada calon pelanggan internasional Anda. Beberapa pasar mungkin jauh lebih terjangkau dari pasar lainnya. Jadi, pastikan Anda juga menyertakannya dalam penelitian pasar.

JET Express menawarkan beragam pilihan pengiriman internasional pada pelanggannya untuk mendukung Anda mengembangkan online shop atau bisnis e-commerce dengan tarif pengiriman paket yang terjangkau.

3. Tawarkan Metode Pembayaran yang Berbeda

Memikirkan cara agar pelanggan internasional baru Anda bisa membayar pembelian mereka dan pengiriman internasional dari toko online Anda sangatlah penting. Tanpa menawarkan metode pembayaran yang tepat, pelanggan baru bisa membatalkan pesanan mereka karena merasa metode pembayaran tidak aman. Pastikan Anda meneliti preferensi metode pembayaran di target pasar Anda, seperti PayPal, Google Pay, Direct Debit, transfer bank, atau transfer online. Apa pun metode pembayaran yang Anda pilih, pastikan metode itu memberikan perlindungan pembeli dan langkah keamanan online yang ketat. Misalnya, Paypal menawarkan jangkauan terluas tanpa perlu membuat beberapa akun merchant karena Anda bisa menerima pembayaran di lebih dari 200 negara dan dalam 25 mata uang berbeda.

Jika ASEAN adalah target pasar utama Anda untuk mendapatkan pelanggan internasional untuk toko onlineAnda di Indonesia, tetap ikuti berita terkini karena ada rencana untuk membuat metode pembayaran real-time yang terhubung secara regional untuk transaksi online yang melibatkan pemain-pemain utama, seperti PayNow dari Singapura dan PromptPay dari Thailand.

4. Ikuti dan Manfaatkan Tren Baru

Indonesia menjadi semakin terkenal di pasar global untuk beragam kategori produk, dari furnitur dan kerajinan tangan rotan, barang elektronik, kosmetik halal, makanan, hingga fashion. Ikuti dan manfaatkan tren minat ini dengan penawaran produk Anda untuk mendapatkan pelanggan internasional untuk toko online Anda. Lihatlah desainer-desainer fashion Indonesia, seperti Peggy Hartanto yang mulai memperkenalkan namanya di kancah internasional, atau Sariwangi untuk soft drink, Pepsodent atau Pond’s untuk perawatan personal, dan Bimoli untuk produk susu. Apresiasi atas brand dan produk yang dibuat di Indonesia sedang meningkat secara global. Jadi, pastikan Anda memanfaatkannya.

5. Optimalkan Situs Web Toko Online Anda

Optimasi dan lokalisasi situs web sangat penting untuk memasuki pasar internasional yang baru untuk online shop dan bisnis e-commerce Anda. Perhatikan bahasa daerah di target pasar Anda dan aturlah pendeteksi bahasa browser otomatis di situs web untuk menyediakan halaman landing dan deskripsi produk tertentu yang sudah diterjemahkan ke bahasa daerah. Ingat, gunakan waktu untuk menerjemahkan konten Anda secara profesional dan jangan mengandalkan program seperti Google Translate karena ini bisa membahayakan reputasi Anda di hadapan calon pelanggan internasional.

Cara lain untuk membangun kepercayaan online store Anda untuk pelanggan internasional adalah dengan menyertakan informasi bahwa Anda mampu melakukan pengiriman pesanan internasional, termasuk alat konversi mata uang untuk harga, menerjemahkan video tutorial atau tutorial produk apa pun, termasuk bagian FAQ yang khususnya berhubungan dengan pemesanan internasional dan menampilkan testimoni-testimoni dari pelanggan yang puas.

6. Bergabunglah di Platform E-commerce yang Ada

Sebagai bagian dari penelitian pasar untuk target pasar Anda dan mendapatkan pelanggan internasional untuk toko online Anda di Indonesia, pastikan Anda mencari marketplace online untuk produk-produk Anda di target pasar. Sama seperti platform e-commerce di Indonesia seperti Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia, Anda harus mengenal kebiasaan membeli dari pelanggan e-commerce secara internasional dan melihat bagaimana produk Anda bisa dijual secara efektif di marketplace-marketplace ini, kebijakan-kebijakan mereka, dan waktu penting dalam setahun untuk promosi dan diskon seperti hari libur nasional.

Keberhasilan dalam menjual produk-produk di pasar internasional berawal dari penelitian yang baik agar toko online dan produk Anda bisa bersaing secara efektif. Setelah menentukan strategi masuk ke pasar, pastikan Anda menggunakan mitra kurir internasional yang berpengalaman dalam pengiriman paket internasional serta menawarkan pelacakan online dan biaya yang kompetitif. JET Express memiliki pengalaman yang luas dalam pengiriman paket internasional dan siap melayani Anda serta menjadi bagian dari strategi pertumbuhan internasional dari toko online Anda.

JET express Kontak