JET Express News

Courier and Delivery Services in Indonesia

Connect With Us

About JET express

Estabished in 2015, JET express is the pioneer in technology driven courier and delivery services across Indonesia. Providing online and mobile app based pick ups, package tracking and SMS notification on delivery.

Pajak E-commerce Indonesia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui oleh Pemilik Toko Online

Awal tahun ini, Kementerian Keuangan Indonesia mengumumkan pembatalan rencananya untuk memberlakukan aturan pemungutan pajak baru untuk perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam sektor e-commerce di Indonesia. Peraturan yang seharusnya berlaku pada tanggal 1 April 2019 ini dianggap bisa memberatkan industri e-commerce Indonesia yang sedang berkembang, terutama untuk usaha mikro, kecil dan menengah. Jadi, pembatalan ini pun disambut dengan sangat baik. Namun, pemerintah Jokowi masih ingin meningkatkan penerimaan pajak di Indonesia, dan e-commerce akan tetap diawasi seiring sektor ini berkembang dan menjadi semakin kuat. Kementerian Keuangan juga mengumumkan bahwa dibutuhkan persiapan lain sebelum peraturan ini bisa diterapkan. Jadi, para pemilik toko online harus bersiap-siap apabila peraturan ini diberlakukan di masa mendatang.

Peraturan Pajak untuk Perusahaan E-commerce di Indonesia

Aturan pajak e-commerce yang baru ini secara luas dianggap memperkenalkan pajak baru untuk transaksi e-commerce di Indonesia. Tetapi, sebenarnya bukan. Peraturan ini dirancang untuk memperjelas pajak yang sudah berlaku. Jadi, Anda sebaiknya mengetahui pajak apa saja yang berlaku untuk Anda dan bisnis online Anda di Indonesia, untuk memastikan Anda sudah memperhitungkan pajak dalam performa toko online Anda. Perusahaan dengan omzet minimal 4,8 miliar rupiah (US$340.000) diwajibkan untuk membebankan PPN (pajak pertambahan nilai) pada pelanggan, sementara bisnis online yang tergolong UKM harus membayar pajak pendapatan sebesar 0,5% dari omzet, atau pajak perusahaan sebesar 25% untuk perusahaan yang lebih besar.

Apa Itu Peraturan PMK 210/2018?

Aspek-aspek baru dalam peraturan pajak ini ditujukan untuk meningkatkan tanggung jawab marketplace online guna memastikan kepatuhan terhadap pajak. Peraturan ini mewajibkan marketplace online untuk melaporkan detail omzet dari setiap penjual. Artinya, semua penjual online harus mendaftarkan NPWP (nomor pokok wajib pajak) untuk mengonfirmasi tarif pajak penghasilan yang perlu mereka bayarkan. Peraturan ini juga rencananya akan berlaku untuk semua transaksi e-commerce di Indonesia, termasuk transaksi melalui retailer online, media sosial, atau iklan baris. Tetapi, kemudian ditarik kembali karena infrastruktur pelacakan yang lebih mapan harus ditempatkan terlebih dahulu sebelum peraturan ini bisa diberlakukan.

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk tidak memberlakukan peraturan ini karena sektor e-commerce Indonesia terdiri dari jutaan pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang menjual barang melalui platform online. Mereka tidak membayar PPN dan pajak pendapatan karena banyak dari merchant e-commerce ini merupakan bagian dari sektor informal sehingga tidak punya NPWP.

Apa Selanjutnya?

Seiring industri e-commerce di Indonesia semakin menguat dengan nilai penjualan yang diharapkan mencapai $45 miliar USD pada tahun 2025, peraturan ini mungkin akan diterapkan di masa mendatang, setelah dilakukan persiapan lain dan penerbitan panduan penerapan yang lebih jelas. Presiden Jokowi telah menyatakan bahwa beliau ingin mendukung 59 juta usaha kecil dan menengah di Indonesia dan telah meluncurkan program yang ambisius untuk membawa UKM ke ranah online selama beberapa tahun ke depan. Seiring program ini berkembang, dengan target membawa 8 juta UKM ke ranah online setiap tahunnya, program ini meletakkan fondasi untuk ekonomi digital yang lebih kuat – yang lebih siap untuk menghadapi usulan peraturan terkait transaksi e-commerce.

Sebagai pemilik online shop, Anda harus tahu bahwa peraturan saat ini secara khusus memprioritaskan laporan dari platform marketplace e-commerce, bukan penjual individu. Tetapi, platform-platform besar mungkin akan mulai mewajibkan penjual untuk memiliki NPWP agar bisa terus mengakses platform mereka untuk menjual atau mendaftar. Memperoleh NPWP itu mudah dan biasanya selesai dalam 1 hari di kantor pajak setempat. Demi kesehatan bisnis online, Anda pun sebaiknya melacak pengeluaran, laba, rugi, dan pajak yang berlaku, menggunakan pembukuan dasar yang akan bermanfaat di masa mendatang, seiring bisnis Anda berkembang dan peraturan pajak diberlakukan untuk toko online Anda.

JET Express adalah perusahaan jasa pengiriman dan kurir berbasis teknologi yang menawarkan kepada pemilik toko online, tarif pengiriman paket yang kompetitif di seluruh Indonesia dengan beragam jenis layanan, termasuk layanan same day delivery. Kami hadir untuk mendukung toko atau bisnis online Anda yang sedang berkembang, melalui layanan yang unggul dan jangkauan ke seluruh Indonesia, serta secara internasional.

JET express Keagenan