Indonesia memiliki pasar e-commerce raksasa yang bisa dimanfaatkan. Tetapi, setelah menjalankan toko online Anda di Indonesia, mengapa tidak mengembangkannya ke negara sekitar? ASEAN memiliki 630 juta calon pelanggan, dan nilai pasar e-commerce-nya diharapkan mencapai 200 miliar USD pada tahun 2025. Tingkat penetrasi internet meningkat di seluruh ASEAN, seiring masyarakat kelas menengah mulai berkembang dan ASEAN mengalami era ‘demam emas’ e-commerce. Dua dari tiga konsumen di pasarsepertiSingapura sudah terbiasa membeli barang-barang dari luar negeri setiap tahunnya, diikuti dengan konsumen Thailand dan Malaysia sebanyak satu dari dua orang (Laporan Google dan Temasek). Kompetisi di bidang e-commerce ASEAN sangat ketat. Jadi, bacalah tips-tips terbaik kami untuk berada selangkah di depan dan memperkenalkan toko online Anda di luar Indonesia.
Memulai online shop di Indonesia adalah cara yang bagus untuk memperoleh penghasilan tambahan atau pekerjaan full-time. Mudah sekali untuk memulainya. Anda bisa mulai menjual produk di Facebook, Instagram, WhatsApp, dan platform media sosial lainnya, sekaligus marketplace e-commerce dan situs web Anda sendiri. Namun, seiring sektor e-commerce di Indonesia menjadi makin kompetitif, toko online Anda harus bisa bersaing dengan toko online lain serta raksasa e-commerce lain yang terus berkembang di Indonesia. Jadi, bagaimana caranya bersaing? Singkatnya, daripada ‘melawan’ mereka langsung, Anda harus mencari cara untuk berdampingan dengan mereka. Anda juga harus mengetahui segmen pasar Anda dengan menawarkan pada pelanggan layanan personal yang tidak ditawarkan oleh toko lain.
Awal tahun ini, Kementerian Keuangan Indonesia mengumumkan pembatalan rencananya untuk memberlakukan aturan pemungutan pajak baru untuk perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam sektor e-commerce di Indonesia. Peraturan yang seharusnya berlaku pada tanggal 1 April 2019 ini dianggap bisa memberatkan industri e-commerce Indonesia yang sedang berkembang, terutama untuk usaha mikro, kecil dan menengah. Jadi, pembatalan ini pun disambut dengan sangat baik. Namun, pemerintah Jokowi masih ingin meningkatkan penerimaan pajak di Indonesia, dan e-commerce akan tetap diawasi seiring sektor ini berkembang dan menjadi semakin kuat. Kementerian Keuangan juga mengumumkan bahwa dibutuhkan persiapan lain sebelum peraturan ini bisa diterapkan. Jadi, para pemilik toko online harus bersiap-siap apabila peraturan ini diberlakukan di masa mendatang.
Menjual produk melalui marketplace online di Indonesia merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau jutaan pelanggan online. Indonesia kini memiliki banyak marketplace e-commerce, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Elevenia, dan Bhinneka. Marketplace online telah menjadi cara yang populer untuk konsumen Indonesia membeli secara online, dan 6 situs web terpopuler mendapatkan 10 juta pengunjung per bulannya. Ini adalah berita bagus untuk para pemilik toko online yang ingin menjangkau pelanggan baru tanpa perlu investasi besar untuk situs web mereka dan pemasaran. Namun, cara ini juga membuat mereka berkompetisi langsung dengan pesaingnya. Artinya, agar online store Anda sukses dan mampu menjual produk melalui marketplace e-commerce di Indonesia, Anda harus memastikan toko online Anda menonjol dari toko-toko lainnya.
Sekarang adalah waktu terbaik untuk menjalankan bisnis e-commerce online di Indonesia. Volume penjualan e-commerce di Indonesia jauh melebihi negara-negara sekitar dengan Nilai Perdagangan Bruto (GMV) e-commerce mencapai $12,2 miliar USD pada tahun 2018 dibandingkan dengan $3 miliar di Thailand dan $2 miliar di Malaysia (laporan Temasek 2018 e-Conomy SEA).
January 25, 2019
Indonesia, JET express, kurir murah, e-commerce, foto produk, franchise kurir
Black Friday telah menjadi fenomena global di seluruh dunia sebagai cara berburu barang elektronik murah dan barang-barang lainnya sebelum festival belanja. Selain Singles’ Day dan Cyber Monday, Harbolnas juga menjadi event besar dalam kalender setiap konsumen online hingga menciptakan kegemparan besar di saluran media sosial. Tidak terkecuali Black Friday dan Harbolnas 2018, konsumen Indonesia berbondong-bondong menuju ke mal dan mencari penawaran online terbaik. Jadi, pastikan online shop atau bisnis Anda sudah siap untuk memanfaatkan semua kehebohan ini dengan 7 tips terbaik kami untuk promosi Black Friday dan Harbolnas.
Mencapai tahap keamanan finansial adalah proses rumit yang membutuhkan waktu, usaha, dan pengorbanan. Memperoleh pendapatan tambahan atau menciptakan beberapa aliran pendapatan dapat menjadi pendorong utama Anda untuk mencapai beragam target finansial dengan lebih cepat, misalnya untuk pensiun, pendidikan, atau keamanan finansial jangka panjang.
June 08, 2018
Indonesia, online shop, e-commerce, dropship, outlet kurir, franchise kurir, agen asuransi, pendapatan tambahan
Banyak perusahaan marketplace e-commerce lokal dan internasional yang telah terjun berbisnis di Indonesia. Ini memberi sarana bagi para pemilik online shop lokal untuk melebarkan usaha mereka. Namun, dengan berbagai pilihan yang ada, marketplace yang manakah yang harus Anda gunakan untuk memaksimalkan penjualan online dan keuntungan Anda? Lanjutkan membaca untuk perbandingan marketplace e-commerce serta rekomendasi kami dalam memilih opsi terbaik bagi Anda dan toko online Anda.
Mendongkrak traffic dan mendapatkan pengunjung online yang tepat merupakan hal penting dalam memperluas basis pelanggan online shop Anda. Anda mungkin berpikir bahwa mendatangkan traffic ke toko online membutuhkan banyak uang, tetapi sebenarnya banyak yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Lanjutkan membaca 10 tip dan trik terbaik dari kami untuk meningkatkan jumlah traffic ke usaha online Anda secara gratis.